Selasa, 07 Juni 2011

Saint Seiya

Mitologi Yunani menjadi inspirasi dari serial animasi ini. Saint Seiya memang bukan terbilang baru, bahkan sebenarnya serial ini mulai ditayangkan di Jepang pada 1986, jadi telah 17 tahun berlalu. Anda yang kini telah berusia antara 20 -30an, tentu serial ini sudah tidak asing lagi. Barangkali Anda adalah salah satu penggemar beratnya. 
Namun bukan berarti Saint Seiya menjadi komoditi yang usang. Justru penggemarnya semakin bertambah terlebih dengan semakin menjamurnya pencinta anime, khususnya di Indonesia. Kombinasi yang apik antara motologi Yunani yang menceritakan kehidupan dewa-dewa kuno dan filosofi Jepang menghasilkan sebuah karya yang menarik. Ditambah dengan bumbu-bumbu aksi pertarungan yang seru dan dahsyat, Saint Seiya menjadi serial yang akan dikenang sepanjang masa. Serial ini mengetengahkan alur cerita tentang perjuangan para Ksatria Perunggu yang jumlahnya 5 orang dan dikomandoi oleh Pegasus Seiya dalam melindungi Athena si Dewi Kebijaksanaan dan mendapatkan Jubah Emas yang dipercaya dapat menambah kekuatan bagi pemakainya. Musuh utamanya adalah Ares yang Dewa Perang yang berhasil mengajak para Ksatria Jubah Emas untuk berbalik memusuhi Athena. 

Tokoh utama
  • Pegasus Seiya
    Seiya adalah salah satu dari 88 Saint yang mengabdi pada Athena/Saori. Bisa dibilang dia adalah saint yang paling setia dan gigih berjuang untuk Athena. Karakteristiknya seperti tipikal hero komik remaja lelaki kebanyakan. Bisa dibilang dia adalah Saint perunggu utama, karena determinasi dan semangatnya yang tak pernah padam selamanya. Clothnya berasal dari konstelasi Pegasus, dan berbentuk Kuda Pegasus. Jurus andalannya adalah:
    • Tinju Meteor Pegasus (ペガサス流星拳 Pegasasu ryūseiken?)-- rangkaian pukulan beruntun yang setiap pukulannya melebihi kecepatan suara, dan kadang-kadang mencapai kecepatan cahaya.
    • Tinju Komet Pegasus (ペガサス彗星拳 Pegasasu suiseiken?) -- seluruh kekuatan pukulan tinju meteor dijadikan satu pukulan super.
    • Pegasus Rolling Crush (ペガサスローリングクラッシュ Pegasasu Rōringu Kurasshu?) -- mencengkram tubuh lawan, lalu mengangkatnya ke udara dan menjatuhkan dirinya beserta lawan di bagian kepala terlebih dahulu.
  • Dragon Shiryu
    Shiryu adalah Saint perunggu yang paling bijaksana. Dia berlatih di puncak gunung dibawah asuhan Saint emas Libra. Dia lebih taktis dan tenang dibanding rekan-rekannya. Awalnya dia Saint yang angkuh dan bangga akan kekuatannya; namun, setelah bertemu Seiya di Turnamen Saint Perunggu, sifatnya berubah. Jika sudah mengeluarkan seluruh kekuatannya, dia bisa membunuh musuh sekaligus dirinya sendiri dengan kekuatannya. Clothnya berasal dari konstelasi Draco/naga, dan berbentuk Naga. Jurus andalannya adalah:
    • Tinju Naga Mendaki Gunung (廬山昇龍覇 Rozanshōryūha?)-- serangan yang menggunakan kekuatan pukulan dan tendangan bersamaan, dibantu dengan kekuatan dari cosmo. Memiliki kelemahan yaitu terbukanya rongga dada selama beberapa detik ketika tinju ditarik kebelakang.
    • Tinju Seratus Naga Mendaki Gunung (廬山百龍覇 Rozanhyakuryūha?)-- serangan yang dipelajari Shiryu dari gurunya, Saint emas Libra Dohko. Kekuatannya seratus kali lipat dibanding Tinju Naga mendaki gunung biasa.
    • Tinju Naga Mendaki Langit (廬山亢龍覇 Rozankōryūha?) -- mirip dengan Pegasus Rolling Crash, mencengkram tubuh lawan, namun membawanya terbang sampai ke atmosfer dengan bantuan kekuatan cosmo. Jurus ini hanya diperbolehkan digunakan oleh Shiryu ketika semua jurusnya sudah tidak mempan terhadap musuh.
  • Cygnus Hyoga
    Tidak seperti Saint perunggu lain, Hyoga memiliki ibu yang sudah meninggal di Laut Siberia. Dia berlatih dibawah Saint perak Crystal yang juga merupakan murid dari Saint emas Aquarius Camus. Tapi akhirnya dia menjadi Saint Cygnus, setelah kematian sahabatnya Isaac karena mencoba menolong Hyoga yang menyelam untuk mencari mayat ibunya. Clothnya berasal dari konstelasi Cygnus, dan berbentuk angsa. Jurus andalannya adalah:
    • Debu-debu Intan (ダイヤモンドダスト daiyamondo dasuto?)-- menembakkan kristal-kristal salju ke arah musuh.
    • Holodnyj Smerč (ホーロドニースメルチ Hōrodonī sumeruchi?, Sirilik: холодный смерч, berarti "tornado es"; diubah namanya menjadi "Aurora Thunder Attack" di versi anime) -- mengumpulkan hawa dingin cosmo sehingga membentuk tornado, lalu menembakkannya ke arah musuh dengan beberapa hentakan yang mengakibatkan badai es.
    • Aurora Execution (オーロラエクスキューション ōrora ekusukyūshon?)-- menembakkan hawa dingin titik nol mutlak beku ke arah musuh. Jurus ini didapatkan Hyoga ketika bertempur melawan Saint emas Aquarius Camus di kuil Aquarius.
  • Andromeda Shun
    Shun adalah anak lelaki yang membenci kekerasan, yang sangat aneh untuk dijadikan Saint yang sangat keras kehidupannya. Dia dikirim ke Pulau Kematian, tapi digantikan oleh kakaknya, Ikki. Dia lalu berlatih dibawah bimbingan Daedalus, dan menggunakan cloth Andromeda. Shun adalah satu-satunya Saint yang memakai senjata di antara kelima tokoh utama, namun di saat terdesak, sering digantikan oleh kakaknya, Ikki. Sebenarnya dia memiliki serangan pamungkas yang mematikan, yaitu badai nebula. Tapi karena membenci kekerasan dan tidak ingin ada kematian di pihak lawan, dia jarang menggunakannya dalam pertempuran. Clothnya berasal dari konstelasi Andromeda dan berbentuk Andromeda yang dirantai. Jurus andalannya adalah:
    • Rantai Nebula -- menggunakan rantainya sebagai senjata dan dapat menebak arah musuh berdasarkan hawa membunuhnya.
    • Rantai Pertahanan -- rantainya membentuk suatu sangkar yang berputar mengelilingi Shun untuk melindunginya.
    • Thunder Wave -- rantainya membentuk halilintar zig-zag untuk menyerang musuh dengan cepat.
    • Aliran Nebula -- aliran udara yang diubah tekanannya oleh cosmo Shun. Sekali ada yang bergerak, maka aliran itu akan menjadi badai Nebula.
    • Badai Nebula -- aliran Nebula yang tekanannya tiba-tiba berubah. Dapat menghancurkan apapun yang bergerak setelah dikelilingi aliran Nebula.
Phoenix Ikki
Ikki adalah orang yang pemarah, sombong dan suka bertarung, diyakini bahwa dia merupakan Saint perunggu yang paling terkuat. Awalnya dia sangat murka karena dikirim ke Pulau Kematian oleh Athena. Tapi dia akhirnya malah membantu Athena dan menjadi Saint perunggu paling bisa diandalkan. Dia mempunyai keistimewaan yaitu dapat kembali dari manapun, di dimensi apapun. Selain itu clothnya memiliki kemampuan untuk pulih kembali (regenerasi) setelah hancur. Dia biasanya melawan musuh-musuh yang tidak bisa dikalahkan oleh Saint perunggu lainnya. Dia sangat tangguh dan kuat. Kemampuannya selalu meningkat bila menerima jurus dari musuh yang tidak mempan baginya. Clothnya berasal dari konstelasi Phoenix, dan berbentuk burung Phoenix. Jurus andalannya adalah:
  • Tinju Sayap-sayap Phoenix (鳳翼天翔 Hōyokutenshō?)-- tinju super yang menembakkan aliran panas merusak dalam satu serangan.
  • Tinju Ilusi (鳳凰幻魔拳 Hōōgenmaken?)-- menggunakan kekuatan cosmo untuk menyerang langsung ke otak musuh. Dapat membuat pikiran musuh hancur dan membuat ilusi buruk bagi musuh. Terkadang dapat membunuh musuh secara langsung. Hanya dapat berfungsi bila musuh memiliki

Saint emas

Pegasus Seiya, cloth versi ke-3


Dragon Shiryu, cloth versi ke-3
Cygnus Hyoga, cloth versi ke-3
Andromeda Shun, cloth versi ke-3

Phoenix Ikki cloth versi ke-3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar